Gambaran Tingkat Kecemasan Terhadap Lama Persalinan Kala 1 Pada Ibu Inpartu Di Polindes Permata Bunda Tuban

Umu Qonitun, Wafifah Aisyah

Abstract


Kecemasan adalah suatu kondisi psikologi individu yang erupa ketegangan, kegelisahan, kekhawtiran sebagai reaksi terhadap adanya sesuatu yang bersifat mengancam. Oleh karena itu perlunya memberikan gambaran atau pengetahuan kepada ibu inpartu bahwa proses melahirkan bukan hal yang menakutkan dan tidak perlu di cemaskan. Namun saat ini masih banyak ibu yang sedang mengalami proses melahirkan merasa cemas , khususnya mereka takut apakah proses melahirkan bisa berjalan lancer atau tidak. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kecemasan terhadap lama perslainan kala 1 pada ibu inpartu di polindes permata bunda tuban.

Desain penelitian ini adalah deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala HAR-S dan lembar observasi kemudian dihitung menggunakan uji proporsi dengan melakukan observasi langsung kepada pasien. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu inpartu di Polindes Pemata Bunda Tuban dengan menggunakan teknik consecutive sampling didapatkan sampel sebanyak 25 orang yang memenuhi kriteria inklusi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruhnya mengalami tingkat kecemasan ringan yaitu sebanyak 20 orang atau sebesar 80%, hampir seluruhnya lama persalinan kala 1 normal yaitu sebanyak 21 orang atau sebesar 84%. sebagian kecil ibu inpartu yang mengalami tingkat kecemasan ringan demgan lama kala 1 normal sebanyak 16 orang atau sebesar 76%.

Dapat disimpulkan bahwa sebagian kecil ibu inpartu yang mengalami tingkat kecemasan ringan dengan lama kala 1 normal. Oleh karena itu untuk menurunkan tingkat kecemasan ibu inpartu yaitu dengan meningkatkan pengetahuan ibu dan keluarga, lingkungan yang nyaman, informasi seputar persalinan.

Kata Kunci : Kecemasan Ibu Inpartu, Lama Persalinan Kala 1


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.