PENGARUH PENDIDIKAN BENCANA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA TENTANG KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI SDN JIGUDAN PANDAK BANTUL YOGYAKARTA

Niken Setyaningrum, Rahmaniatul Muna

Abstract


Indonesia terletak pada garis ring of firemenyebabkan banyak terjadi bencana, seperti bencana gempa bumi dan tsunami. Pendidikan kebencanaan penting diberikan kepada siswa sekolah dasar karena pada umumnya siswa tidak memiliki pemahaman yang baik tentang kesiapsiagaan bencana jika dibandingkan dengan orang dewasa. Berdasarkan keterangan dari pihak sekolah, sebelumnya SDN Jigudan Pandak Bantul Yogyakarta belum pernah diberikan pendidikan bencana tentang kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami.Pendidikan kebencanaan di sekolah dasar menjadi strategi efektif, dinamis, dan berkesinambungan dalam upaya penyebarluasan pendidikan kebencanaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan bencana terhadap pengetahuan siswa tentang kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami di SD Negeri Jigudan Pandak Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Rancangan penelitian menggunakan pra experiment designs dengan pendekatan one group pre-test post-test. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 Januari-10 Februari 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 5 yang berusia 10-12 tahun. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh populasi atau total sampel yang berjumlah 46 responden. uji statistik dalam penelitian ini adalah uji wilcoxon. Hasil penelitian didapatkan ada pengaruh pendidikan bencana gempa bumi dan tsunami terhadap tingkat pengetahuan siswa di SDN Jigudan Pandak Bantul Yogyakarta.

Kata Kunci :Pendidikan Bencana, Pengetahuan, Kesiapsiagaan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.