PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PERILAKU PENCEGAHAN STROKE DI DUSUN KEDUNG BENDO DESA GEMEKAN KECAMATAN SOOKO KABUPATEN MOJOKERTO

Pungki Tri Astuti, Anik Supriani, Puteri Indah Dwipayanti, Kiftiyah Kiftiyah

Abstract


Stroke merupakan salah satu serangan otak yang timbul secara mendadak dengan ditandai adanya gangguan aliran darah karena adanya sumbatan atau pecahnya pembuluh darah beserta zat-zat yang dibawa oleh darah seperti oksigen dan makanan yang dapat mengakibatkan kematian pada sel-sel tersebut dalam waktu singkat. Penerapan perilaku mencegah stroke merupakan suatu penerapan yang sangat membantu untuk menurunkan tingkat kejadian stroke, kecacatan hingga kematian.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku pencegahan stroke di Dusun Kedung Bendo Desa Gemekan Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-Experiment dengan jenis One Group Pre Test-Post Test Design. Populasi penelitian ini yaitu penderita hipertensi di Dusun Kedung Bendo Desa Gemekan Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto sebanyak 36 orang. Sampel sebanyak 33 responden dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling.Variabel independen adalah pendidiakan kesehatan pencegahan stroke. Variabel dependen adalah perilaku pencegahan stroke. Instrumen menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa responden sebelum diberikan pendidikan kesehatan sebagian besar berperilaku negatif yaitu sebanyak perilaku 24 responden sebesar (72,2%) dan setelah diberikan pendidikan kesehatan sebagian besar berperilaku positif  yaitu  21 responden sebesar (63,6%). Hasil Uji Wilcoxon didapatkan nilai r = 0,033 dengan kemaknaan  a = 0,05 dan r < a atau 0,033 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima yaitu ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku pencegahan stroke di Di Dusun Kedung Bendo Desa Gemekan Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto.

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi responden untuk lebih meningkatkan perilaku sehat agar mencegah terjadinya stroke, terutama menjaga pola makan dan menghindari stress.

 

Kata Kunci : Pendidikan Kesehatan, Perilaku Pencegahan Stroke


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.