Perilaku Pencegahan Prematuritas pada Ibu Hamil

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Suci Arsita Sari
Lusi Afriyani
Rina Utami

Abstract

Angka kematian bayi digunakan sebagai salah satu indikator derajat kesehatan masyarakat. Di Indonesia, angka kematian bayi masih termasuk tinggi. Sampai saat ini, di seluruh dunia prematur merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas neonatal. Di Jombang terdapat 144 bayi lahir prematur, di Bandar Kedungmulyo 12 kasus. Berdasarkan survey yang dilakukan pada 5 ibu hamil di Desa Bandar Kedungmulyo 11 Juni 2021, 3 orang melakukan kunjungan ulang ANC melewati tanggal yang dijadwalkan bidan, 2 orang jarang minum susu selama hamil dan semua membiarkan suami atau anggota keluarganya merokok di dalam rumah. Tujuan dari riset ini untuk mengetahui perilaku ibu hamil dalam pencegahan prematuritas di Kabupaten Jombang.
Penelitian ini dilakukan bulan April – Juli 2021. Desain penelitian yang digunakan deskriptif, populasinya yaitu semua ibu hamil pada trimester I dan II di Desa Bandar Kedungmulyo sejumlah 20 orang. Teknik total sampling digunakan dalam penelitian ini. Variabelnya Perilaku Ibu hamil dalam Pencegahan Prematuritas. Instrumennya menggunakan kuesioner. Pengolahan dan analisa data dengan editing, coding, scoring, dan tabulating.
Berdasarkan hasil riset, diketahui bahwa perilaku ibu hamil dalam pencegahan prematuritas di Kabupaten Jombang adalah negatif sebanyak 12 responden (60%) dan positif sebanyak 8 responden (40%).
Kesimpulan dari hasil penelitian diketahui bahwa perilaku ibu hamil dalam pencegahan prematuritas di Kabupaten Jombang sebagian besar negatif. Diharapkan bidan melakukan KIE tentang pencegahan prematuritas pada ibu hamil pada saat ANC maupun kelas ibu hamil. Terutama tentang nutrisi, rokok, obat-obatan, bepergian, hubungan seksual, psikologis, dan perawatan payudara.
 
Kata Kunci : Perilaku, ibu hamil, pencegahan, prematuritas

##plugins.themes.academic_pro.article.details##