Hubungan Perkembangan Sosial Anak Usia Sd Dengan Bullying Di Mi Darul Ulum Desa Purwoasri Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sri Mulyani
Dwi Agung Susanti
Linna Andriani

Abstract

School bullying merupakan masalah serius di Indonesia yang memerlukan perhatian untuk menemukan solusinya, karena perilaku tersebut sepertinya masih dianggap biasa. Untuk menganalisis hubungan perkembangan sosial anak usia SD dengan bullying di MI Darul Ulum Desa Purwoasri Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro tahun 2019.
Desain yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah analitik korelasional, populasi seluruh  anak  usia  SD  kelas  4,5,  dan  6  di  MI  Darul  Ulum  Desa  Purwoasri  Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro tahun 2019, sebanyak 54 anak. Teknik pengambilan sampel stratified random sampling berjumlah 48 sampel. Analisa data dimulai dari editing, coding, scoring, tabulating.
Hasil penelitian menunjukan bahwa sebanyak 15 responden yang perkembangan sosialnya sesuai, lebih dari sebagian yaitu melakukan bullying kategori ringan, sedangkan sebanyak 33 responden yang perkembangan sosialnya lebih/diatas rata, sebagian besar yaitu tidak pernah melakukan bullying. Hasil yang diperoleh dari uji statistik spearman rho menunjukan bahwa ada hubungan perkembangan sosial anak usia SD dengan bullying di MI Darul Ulum Desa Purwoasri Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro tahun 2019.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan perkembangan sosial anak usia SD dengan  bullying  di  MI  Darul  Ulum  Desa  Purwoasri  Kecamatan  Sukosewu  Kabupaten Bojonegoro tahun 2019. Disarankan bagi orang tua orang tua harus lebih aktif memantau anak dalam segala  aktivitasnya.  Bagi anak disarankan dapat mengendalikan dan  mengontrol diri dengan baik dari perilaku bullyimg agar terwujud hubungan yang harmonis dalam pergaulannya.
 
Kata Kunci: Anak Usia Sekolah Dasar, Perkembangan Sosial, Bullying.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##