GAMBARAN PENGETAHUAN AYAH TENTANGPERKEMBANGAN ANAK USIA 1-5 TAHUN DI DESA NGAGLIK

WIWIK UTAMI WIWIK UTAMI

Abstract


Kualitas anak masa kini merupakan penentu sumber daya manusia (SDM) di masa yang  akan datang. Sehingga anak perlu dipersiapkan agar tumbuh dan berkembang seoptimal mungkin sesuai dengan kemampuannya.Proses diatas tidak lepas dari stimulasi orang tua terutama bapak dan ibu.Peran ayah dalam hidup balita tidak kalah pentingnya degan ibu.Tujuan  penelitian untuk mengetahui Gambaran Pengetahuan Ayah Tentang Perkembangan Anak Usia 1-5 Tahun Di Desa Ngaglik Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro Tahun 2010.

Metode penelitian yang digunakan deskriptif. Populasinya orang tua (ayah) anak usia 1-5 tahun yang ada Di Desa Ngaglik Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro sebanyak 142 dengan sampel sebanyak 70 responden diambil secara  purposive sampling. Gambaran pengetahuan ayah tentang perkembangan anak usia 1- 5 tahun sebagai variabel penelitian. Data dikumpulkan dengan lembar kuesioner (KPSP) sebelumnya diproses melalui tahapan editing, coding ,scorin dan ,tabulating, kemudian dianalisis dengan menggunakan tabel distribusi normalitas data yaitu mean, median, modus, nilai minimum dan maksimum serta prosentase.

Hasil penelitian menunjukkan lebih dari sebagian responden mempunyai pengetahuan kurang 42 (60 %), cukup sebanyak 26 (37,1%), pengetahuan baik sebanyak 2  (2,9%).

Kesimpulannya pengetahuan ayah tentang perkembangan anak usia 1-5 tahun di desa ngaglik kecamatan kasiman kabupaten bojonegoro adalah kurang. Disarankan ayah hendaknya mencari pengetahuan  tentang perkembangan anak balitanya  serta tidak lupa istri juga memberitahu perkembangan anaknya pada suami sehingga pengetahuan orang tua khususnya ayah bisa lebih baik.

Kata kunci : Pengetahuan ,Ayah, perkembangan anak usia 1-5 tahun

Full Text:

Tidak berjudul

Refbacks

  • There are currently no refbacks.