THE RELATIONSHIP OF KNOWLEDGE AND ATTITUDE WITH STROKE PREVENTION MEASURES IN HYPERTENSION PATIENTS IN NGUMPAKDALEM VILLAGE DANDER DISTRICT BOJONEGORO REGENCY

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sri Mulyani
Ahmad Maftukhin
Luluk Setiowati

Abstract

 
ABSTRAK
Serangan stroke dapat menyerang siapa saja terutama penderita penyakit penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi. Untuk itu penderita penyakit kronis harus mewaspadai dan mengantisipasi terjadinya serangan stroke. Masyarakat di Desa Ngumpakdalem menderita penyakit hipertensi, hal ini disebabkan oleh gaya hidup masyarakat yang kurang sehat, masih banyak masyarakat tidak melakukan olahraga atau aktivitas fisik dan mempunyai kebiasaan mengkonsumsi banyak garam. Tujuan penelitian adalah hubungan pengetahuan dan sikap dengan upaya pencegahan stroke pada pasien hipertensi di Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. 
Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pasien hipertensi tahun 2020 sebanyak 15 orang, jumlah sampel 15 responden dengan teknik accidental sampling. Instrumen yang digunakan kuesioner secara online melalui telepon dan Whatsapp, kemudian dilakukan pengolahan data melalui editing, coding, scoring dan tabulating serta analisis data dengan cross table dan kurva estimasi.
Hasil penelitian dari 8 pasien hipertensi yang pengetahuannya kurang tentang pencegahan stroke, upaya pencegahan stroke dalam kategori kurang sebesar 7 orang 46,7 persen. Hasil kurva estimasi kedua variabel membentuk garis lurus atau ber-linear ada hubungan pengetahuan tentang pencegahan stroke dengan upaya pencegahan stroke pada pasien hipertensi. Dari dari 8 pasien hipertensi yang sikapnya unfavorable tentang pencegahan stroke, upaya pencegahan stroke dalam kategori kurang sebesar 7 orang 46,7 persen. Hasil kurva estimasi kedua variabel membentuk garis lurus atau ber-linear ada hubungan sikap tentang pencegahan stroke dengan upaya pencegahan stroke pada pasien hipertensi.
Kesimpulan penelitian ada hubungan pengetahuan dan sikap dengan upaya pencegahan stroke pada pasien hipertensi di Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Hendaknya responden untuk mengurangi resiko terjadinya stroke menerapkan pola makan sehat, kurangi garam, hindari minum alkohol, hentikan kebiasaan merokok, hindari stess dan depresi, selalu memeriksakan tensi darah secara rutin.
Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Stroke, Hipertensi, Pencegahan

##plugins.themes.academic_pro.article.details##