PENGETAHUAN PENDERITA DIABETES MELITUS TENTANG FAKTOR RESIKO TERJADINYA ULKUS DIABETES PADA KAKI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DANDER KABUPATEN BOJONEGORO

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fidrotin Azizah
Dwi Agung S
Retno Puji Astuti
Syahrul Boy S

Abstract

Diabetes Mellitus DM merupakan penyakit metabolik yang ditandai dengan tingginya kadar glukosa darah hyperglikemia sebagai akibat dari kekurangan sekresi insulin. gangguan aktivitas insulin atau keduanya. Masalah kaki merupakan masalah yang umum pada pasien dengan diabetes dan hal ini menjadi cukup berat akibat adanya ulkus serta infeksi. Kurangnya pengetahuan atau kesadaran pasien sehingga pasien datang biasanya dalam keadaan gangren yang berat selain itu kesadaran yang rendah pada masyarakat tersebut menjadi salah satu faktor yang berkontribusi terhadap tingginya angka kejadian ulkus diabetik. Di Puskesmas Dander banyak penderita DM saat beraktivitas tidak menggunakan alas kaki tidak mengikuti atau melakukan senam kaki. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengetahuan penderita Diabetes Melitus tentang faktor resiko terjadinya ulkus diabetes pada kaki di wilayah kerja Puskesmas Dander Kabupaten Bojonegoro. 
Desain penelitian deskriptif. Jumlah populasi seluruh penderita DM di Wilayah kerja Puskesmas Dander Kabupaten Bojonegoro, pada tahun 2021, sebanyak 576 orang dan sampel sebesar 50 responden. Pemilihan sampel dengan tehnik purposive sampling. Pengumpulan data dengan lembar observasi kemudian data diolah menggunakan editing, coding, scoring dan tabulating. Dianalisa untuk mencari prosentase.
Dari hasil penelitian didapatkan  pengetahuan penderita Diabetes Melitus tentang faktor resiko terjadinya ulkus diabetes pada kaki di Wilayah kerja Puskesmas Dander Kabupaten Bojonegoro lebih dari sebagian dalam kategori baik sebanyak 32 orang 64 persen.
Kesimpulannya pengetahuan penderita Diabetes Melitus tentang faktor resiko terjadinya ulkus diabetes pada kaki di Wilayah kerja Puskesmas Dander Kabupaten Bojonegoro lebih dari sebagian dalam kategori baik. Dari hasil penelitian diharapkan selalu melakukan perawatan kaki setiap hari sehingga bisa mencegah sejak dini terjadinya ulkus.
Kata Kunci: Pengetahuan, Diabetes Melitus, Ulkus Diabetes

##plugins.themes.academic_pro.article.details##