STUDI IDENTIFIKASI STATUS GIZI BALITA BERDASARKAN TINGKAT EKONOMI ORANG TUA DI POSYANDU DESA SUKOSEWU KECAMATAN SUKOSEWU KABUPATEN BOJONEGORO

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sri Mulyani
Evita Muslima IP
Eva Riantika RP
Dias Tyas W

Abstract

Status gizi seseorang dapat diketahui dari keseimbangan antara asupan zat gizi dari makanan dengan kebutuhan zat gizi yang diperoleh untuk metabolism tubuh. Status gizi balita diukur menurut 3 indeks yaitu BB U,TB U, dan BB TB. fenomena yang terjadi di posyandu Desa Sukosewu Kecamatan Sukosewu, pada umumnya status gizi balita sukosewu cukup bagus tetapi ada beberapa balita yang memang memerlukan perhatian khusus yaitu balita gizi kurang, gizi buruk, dan gizi lebih. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi status gizi balita berdasarkan tingkat ekonomi orang tua diPosyandu Desa Sukosewu Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro tahun 2021.
Desain penelitian deskriptif. Populasi semua balita diDesa Sukosewu Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro berjumlah 190 balita, sampel 50 responden yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar checklist dan observasi kemudian data diolah menggunakan editing, coding, scoring, dan tabulating. Dianalisa untuk mencari prosentase.
Dari hasil penelitian didapatkan Sebagian besar 82 persen status gizi balita baik berasal dari tingkat ekonomi kurang dari UMR Bojonegoro, sedangkan kurang dari sebagian 2 persen status gizi balita lebih berasal dari tingkat ekonomi kurang dari UMR Bojonegoro. Dan kurang dari sebagian 18 persen status gizi baik berasal dari tingkat ekonomi lebih atau sama dengan UMR Bojonegoro.
Diharapkan dengan adanya penelitian ini para orang tua selalu mempertahankan pola asuh yang baik tersebut terhadap balitanya agar status gizi balita selalu baik hingga balita dewasa. Sehingga untuk berat badan balita tetap terjaga serta dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya secara normal.
Kata kunci : Status Gizi balita, Tingkat Ekonomi Orang Tua

##plugins.themes.academic_pro.article.details##