PERSEPSI ORANG TUA TENTANG PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN PADA ANAK UNTUK USIA 6 sampai 12 TAHUN DI DUSUN BUNGKUL, DESA SUMBERJO, KECAMATAN MARGOMULYO

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wiwik Utami
Siti Patonah
Khikmatul Mujizah
Erni Dwi Jayanti

Abstract

Pandemi virus COVID 19 terbukti mampu memutus mata rantai penularan dengan menerapkan protokol kesehatan, hal ini mendapat perhatian masyarakat dengan berbagai persepsi. Dalam penerapan protokol kesehatan di Desa Sumberjo, orang tua beranggapan bahwa virus Covid 19 tidak menular di pedesaan karena anak tetap di rumah, di desa jauh dari keramaian dan menganggap desa aman sehingga anak tidak menerapkan protokol kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan persepsi orang tua terhadap penerapan protokol kesehatan pada anak usia 6 sampai 12 tahun di Dusun Bungkul Desa Sunberjo Kecamatan Margomulyo. Desain penelitian deskriptif dengan pendekatan survey. Populasi adalah seluruh orang tua yang memiliki anak usia 6 12 tahun sebanyak 197 orang. Sampel penelitian berjumlah 65 responden ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kemudian diolah melalui editing, coding, scoring dan tabulating serta dianalisis untuk mencari persentasenya.
Hasil penelitian didapatkan bahwa persepsi orang tua tentang penerapan protokol kesehatan pada anak usia 6 sampai 12 tahun di Dusun Bungkul Desa Sumberjo Kecamatan Margomulyo memiliki persepsi positif 79 persen. Diharapkan dengan adanya penelitian ini, orang tua dapat meningkatkan penerapan protokol kesehatan pada anak dengan cara orang tua selalu mengawasi serta menjadi teladan bagi anak dalam menerapkan protokol kesehatan untuk meminimalisir penyebaran virus COVID 19.
Kata kunci: COVID 19, protokol kesehatan, persepsi positif orang tua

##plugins.themes.academic_pro.article.details##