GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB ASFIKSIA PADA BAYI BARU LAHIR

Suhartik Suhartik, Waqidil Hidayah Waqidil Hidayah

Abstract


Kematian neonatal dini lebih banyak disebabkan secara intrinsik dengan kesehatan ibu dan perawatan yang diterima sebelum, selama dan setelah persalinan. Demikian halnya dengan asfiksia neonatorum pada umumnya disebabkan oleh manajamen persalinan yang tidak sesuai dengan standar dan kurangnya kesadaran ibu untuk memeriksakan kehamilannya ke tenaga kesehatan. Kurangnya asupan kalori dan nutrisi pada saat masa kehamilan juga dapat mengakibatkan terjadinya asfiksia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran faktor-faktor penyebab asfiksia pada bayi baru lahir.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan retrospektif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 135 orang, sampel 135 responden, teknik pengambilan sampel dengan sampling jenuh. Variabel penelitian ini yaitu faktor-faktor penyebab asfiksia pada bayi baru lahir. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi data medical record bayi kemudian dilakukan pengolahan data dengan cara editing, coding, dan tabulating selanjutnya dilakukan analisa data menggunakan prosentase.

Hasil penelitian ini adalah sebagian besar responden dengan usia kehamilan normal yaitu 117 responden (86,67%), lebih dari sebagian dengan keadaan tali pusat tidak normal yaitu 93 responden (68,89%) dan mayoritas dengan letak janin normal yaitu 129 responden (95,56%).

Asfiksia pada bayi baru lahir yang terjadi sebagian besar disebabkan oleh keadaan tali pusat yang tidak normal. Lilitan tali pusat dan keadaan tali pusat menumbung dapat menyebabkan terganggunya aliran darah dalam pembuluh darah umbilikus dan menghambat pertukaran gas antara ibu dan janin.

Kata kunci : Asfiksia, Bayi Baru Lahir

Full Text:

Tidak berjudul

Refbacks

  • There are currently no refbacks.