Studi Kepuasan Konsumen Tentang Layanan Donor Darah di UDD PMI Bojonegoro

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fatia Rizki Nuraini
Cityta Putri Kwarta

Abstract

Transfusi darah merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan nyawa orang yang kekurangan darah akibat penyakit, kecelakaan, atau prosedur medis. UDD PMI sebagai instansi pelayanan yang memiliki wewenang dalam penyelenggaraan kegiatan donor darah berupaya untuk menjaga ketersediaan stok darah melalui donor darah. Salah satu faktor untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat dalam donor darah adalah pelayanan yang baik.  Pelayanan yang baik tentunya akan meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk mau mendonorkan darahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kepuasan pendonor darah di UDD PMI Bojonegoro supaya dapat digunakan sebagai sarana evaluasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan UDD PMI Bojonegoro. Pada penelitian ini, desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan data diperoleh dengan menggunakan teknik survei sehingga dapat memberikan gambaran kepuasan pendonor terhadap pelayanan UDD PMI Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan di UDD PMI Kota Bojonegoro sangat memuaskan. Hal ini dibuktikan dengan skor harapan responden lebih kecil daripada pengalaman yang dirasakan responden.
 
Kata Kunci: Kepuasan layanan, Donor Darah, UDD PMI

##plugins.themes.academic_pro.article.details##