GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI NERS DALAM MENGHADAPI UJIAN LABORATORIUM

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Retno Puji Astuti
Titik Nuryanti
Eva Riantika Ratna Palupi

Abstract

ABSTRAK
 
Penelitian ini membahas tentang gambaran tingkat kecemasan pada mahasiswa Pendidikan Profesi Ners Dalam Menghadapi Ujian Laboratorium. Penelitian ini dilakukan atas dasar masalah meningkatnya tingkat kecemasan mahasiswa dalam menghadapi ujian laboratorium di STIKes Rajekwesi Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Ners STIKes Rajekwesi Bojonegoro yang mengikuti pelatihan ujian laboratorium sebanyak 21 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan cros-sectional karena pengukuran variabel bebas dan variabel terikat dilakukan sekali dalam waktu yang sama. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode total sampling dengan jumlah sampel 21 responden. Jumlah responden sebanyak 21 orang yang ditemui oleh peneliti, bersedia ikut dalam penelitian ini dengan menandatangani informed consent. Tingkat kecemasan ini diukur dengan menggunakan kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) versi bahasa Inggris yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang  terdiri  dari  14  item. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pada  penelitian ini didapatkan  5  mahasiswa  (23,9%) dengan  tingkat  kecemasan  ringan,  7  mahasiswa  (33,3%) dengan tingkat kecemasan ringan sampai sedang, 9 mahasiswa (42,8%) dengan tingkat kecemasan sedang sampai berat.
 
Kata Kunci: Mahasiswa, Tingkat Kecemasan, Ujian Laboratorium

##plugins.themes.academic_pro.article.details##