Hubungan Pelayanan Baby Massage terhadap Peningkatan Berat Badan Balita di Desa Sumbertlaseh Kecamatan Ngumpakdalem Kabupaten Bojonegoro

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mira Andriyani
Prita Yuli
Suci Arsita Sari
Suharti
Retno Puji Astuti

Abstract

Abstrak
Latar Belakang: Baby massage sangat bermanfaat dalam mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi/anak, diantaranya adalah meningkatkan penyerapan makanan sehingga bayi lebih cepat lapar dan bayi akan lebih sering menyusu kepada ibunya, sehingga bisa meningkatkan berat badan pada bayi. Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan Baby massage terhadap peningkatan berat badan pada bayi.
Metode : Penelitian yang digunakan metode penelitian kuantitatif, menggunakan Quasi eksperiment design dengan rancangan Pretest – Postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah bayi usia 2-12 bulan di Desa Sumbertlaseh Kecamatan Ngumpakdalem yang berjumlah 30 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah bayi yang berusia 2 -12 bulan, sampel dalam penelitian ini adalah total populasi. Analisa data pada penelitian ini dengan analisa univariat dan analisa bivariat. Analisa univariat adalah jenis kelamin, usia bayi. Analisa Bivariat untuk membuktikan pengaruh Baby massage terhadap peningkatan berat badan bayi sebelum dan sesudah treatment menggunakan Uji Wilcoxon. Pengukuran berat badan responden kelompok intervensi dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu pertama pada saat pengambilan data sebelum dilakukan Baby massage, dan terakhir pada saat setelah sebulan dilakukan Baby massage.
Hasil : nilai P Value = 0,000 (< 0,05) yang artinya ada perbedaan berat badan sebelum dan setelah dilakukan intervensi pijat.
Simpulan: Ada pengaruh Baby massage terhadap peningkatan berat badan pada bayi.
 
Kata Kunci: Bayi, Baby massage, peningkatan berat badan.
 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##