PERSEPSI MASYARAKAT DALAM PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DIMASA PANDEMI COVID-19 DI RT 01 RW 03 DESA TEMU KECAMATAN KANOR KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN 2021

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Evita Muslima Isnanda Putri
Rahmawati
Kharisma Dwi Nur Safitri

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 pemerintah pusat maupun daerah sampai saat ini terus berupaya menekan angka penyebaran Covid-19, di antaranya menghimbau menjaga jarak, mengurangi kerumunan, dan berperilaku hidup bersih dan sehat.Tujuan penelitian ini mengidentifikasi persepsi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasinya seluruh masyarakat di RT 01/RW 03 Desa Temu Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro tahun 2021, sebanyak 216 responden. Pengambil sampel dengan cara purposive sampling, sehingga jumlah sampelnya 90 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner melalui media online (google form), kemudian di editing, coding, skoring dan tabulating yang selanjutnya disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dengan prosentase dan narasi.
Hasil penelitian menunjukkan lebih dari sebagian responden di RT 01 RW 03 Desa Temu Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro mempunyai persepsi baik tentang protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19 yaitu sebanyak 56 orang (62,2%).
Kesimpulan penelitian lebih dari sebagian responden mempunyai persepsi baik tentang protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19, diharapkan responden bisa menjadi contoh bagi masyarakat lainnya, dan diharapkan pemerintah desa (perangkat desa) mempertahankan sosialisasi dan pengawasan yang lebih masif seperti penyuluhan dengan modifikasi media social, agar masyarakat memperoleh informasi yang benar tentang protokol kesehatan.
 
Kata Kunci      :  Persepsi, Penerapan Protokol Kesehatan,Masyarakat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##