GAMBARAN TINGKAT STRES ORANG TUA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID 19 DI ESA TREMBES KECAMA TAN MALO KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN 2021

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Siti Patonah
Agus Ari Afandi
Vernanda Mei Fajriani

Abstract

ABSTRAK
 
Masa pandemi Covid 19 menyebabkan perubahan strategi pembelajaran dari luring menjadi daring. Adanya kebijakan  tersebut berdampak pada orang tua di Desa Trembes Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro yang masih memiliki anak usia sekolah beranggapan pembelajaran daring menjadi  pemicu tingkat stress yang dialami orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat stress yang dialami orang tua selama pembelajaran daring dimasa pandemic covid 19 di Desa Trembes Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan desain deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua yang memiliki anak usia sekolah di desa Trembes kecamatan Malo kabupaten Bojonegoro dengan jumlah 148 responden. Teknik sampling yang digunkan adalah  Non probability sampling dengan jenis pengambilam sampel menggugunan Purposive Sampling dengan jumlah 76 responden. Data penelitian diambil dengan menggunakan kuesioner DASS 42 Despression Anxiety Stress Scale 42 dalam mengukur tingkat stres orang tua yang disajikan secara deskriptif.
Dari hasil penelitian di gambaran tingkat stres orang tua menunjukkan kurang dari sebagian  orang tua sebanyak 35 responden 46,1 persen stres ringan, dan  30 responden 39,5 persen stres sedang, serta 11 responden  14,5 persen tidak stres.
Kesimpulannya orang tua di  desa Trembes kecamatan Malo kabupaten Bojonegoro mengalami stres selama pembelajaran daring dimasa pandemic covid 19. Perlunya orang tua untuk membangun komunikasi yang baik dengan anak  untuk meminimalisir stres, pemerintah perlu sinergi bersama membuat kebijakan  pembelajaran daring supaya progam menjawab kebutuhan dunia pendidikan dan perlunya pendidik berefleksi dan berinovasi membangun pembelajaran yang melibatkan siswa untuk  aktif dan pembelajaran yang menyenangkan.
 
Kata kunci: Pembelajaran Daring, Covid 19, Orang Tua, Stres.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##