ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK DI SDN KEDATON II KECAMATAN KAPAS KABUPATEN BOJONEGORO
Abstract
Prestasi belajar dipengaruhi dua faktor dari dalam diri manusia salah satunya motivasi, sedangkan faktor dari luar diri manusia seperti lingkungan keluarga termasuk karakteristik keluarga, sekolah. Tujuan penelitian menganalisis faktor yang berhubungan dengan prestasi belajar anak di SDN Kedaton II Kecamatan Kapas Kabupaten BojonegoroDesain penelitian yang digunakan analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasinya adalah anak kelas 3,4,5 di SDN Kedaton II Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro sebanyak 63 orang, dengan sampel 56 orang yang diambil dengan simple random sampling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi responden sebagian dalam kategori sedang (51,8 %), karakteristik orang tua responden pada pekerjaan  kurang dari sebagian adalah petani (40%), pada pendidikan lebih dari sebagian dalam kategori menengah ( 60 %). Prestasi belajar responden hampir sebagian dalam kategori cukup ( 48,3 %).Kesimpulan dari penelitian ada hubungan antara motivasi, karakteristik orang tua dengan prestasi belajar anak. Diharapkan untuk meningkatkan prestasi belajar, anak harus membiasakan diri melatih daya ingat dengan cara belajar yang rajin, tidak mengutamakan bermainKata Kunci : Motivasi, Prestasi belajar, Karakteristik orangtuaPublished
2012-04-20
Issue
Section
Articles