AKTIVITAS BELAJAR PADA REMAJA PUTRI SAAT MENGALAMI MENSTRUASI DI MIN 1 BOJONEGORO
Abstract
ABSTRAK Setiap wanita yang berusia akil balik pasti mengalami menstruasi. Tidak jarang selama menstruasi juga ada beberapa keluhan, diantaranya yang paling sering adalah dismenotra. Dismenore merupakan rasa nyeri saat menstruasi yang sering mengganggu wanita. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi gambaran aktivitas belajar pada remaja putri di MIN 1 Bojonegoro saat mengalami dismenore. Desain penelitian dekriptif, pendekatan survei, populasi seluruh remaja putri kelas 6 MIN 1 Bojonegoro sejumlah 85 responden, sampling yang di gunakan purposive samplings sebanyak 66 responden, Dengan variabel aktivitas belajar pada remaja putri saat mengalami disminore, pengumpulan data menggunakan kuesioner kemudian dilakukan editing, coding, scoring, tabulating setelah itu disajikan dengan bentuk tabel atau grafik. Hasil penelitian dari 66 responden remaja putri usia 11 – 13 tahun yang sudah menstruasi dan mengalami disminore di MIN 1 Bojonegoro diperoleh hasil bahwa lebih dari sebagian responden dismenorea tidak mengganggu pelajaran (53%), sedangkan kurang dari sebagian aktivitas belajar meningkat (35%), dan kurang dari sebagian aktivitas belajar berkurang (12%). Sebaiknya saat menstruasi responden tetap wajar dalam belajarn, menjaga kesehatan mental dan fisik dengan mengkonsumsi nutrisi gizi seimbang sehingga dapat beradaptasi dengan nyeri haid. Kata Kunci : Dismenore, Remaja , Aktivitas belajarPublished
2024-07-29
Issue
Section
Articles